Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Review Jam Tangan Casio » G-Shock » Review casio GM-5600, G-Shock keren dengan bezel metal

Review casio GM-5600, G-Shock keren dengan bezel metal

 


CHOOSE LANGUAGE



Subscribe to our channel to access more than 1000 videos and get a chance to win free gift from us


 

Jam tangan G-Shock selama ini memang dikenal sebagai jam tangan “kelas menengah” yang mungkin terkesan jauh dari kemewahan. Bahkan ciri khas G-Shock sebagai jam tangan plastik membuatnya sedikit dipandang dengan sebelah mata jika dibandingkan dengan merk-merk lainnya. Namun sebenarnya G-Shock sendiri memiliki beberapa model yang khusus dibuat untuk para pecinta kemewahan dengan bahan-bahan metal dari stainless steel hingga titanium. Namun model-model seperti seri MTG, MRG tersebut memang cukup jarang kita temukan dan tentu saja harganya cukup mahal ( Rp 10 juta – 40 juta  ). Namun beberapa tahun belakangan ini G-Shock mulai memperkenalkan seri-seri metal dengan harga yang cukup murah seperti seri GM-5600 ini. Awal peluncuran seri GM-5600 ini sendiri sekitar akhir tahun 2019 dan hingga saat ini telah mendapatkan respons pasar yang cukup bagus. Faktor utamanya tentu saja harga yang cukup murah untuk seri metal bezel yang terlihat mewah ini yaitu Rp 3 jutaan ( harga retail ). Tentu saja Anda bisa mendapatkan harga yang lebih menarik dari www.indowatch.co.id – Anda bisa melihat harga yang kami tawarkan melalui tombol dibawah ini.
  

Sama seperti kebanyakan dari seri G-Shock, Casio masih enggan mengubah kemasan standard mereka. Tercatat Casio hanya melakukan perubahan dimensi dari kemasan tersebut menjadi lebih ringkas ( baca : kecil ) dibandingkan dengan kemasan pada 2 atau 3 tahun lalu. Mungkin Casio belum merasa penting untuk mengubah kemasan mereka atau kemasan ini telah menjadi satu ciri khas bagi produk G-Shock mereka.

Sejak artikel ini kami publikasikan, seri GM-5600 sendiri baru memiliki 3 warna, terdiri dari varian GM-5600-1 dengan ciri khas bezel stainless steel yang dibiarkan tanpa coating alias dengan warna asli dari stainlees steel tersebut. Sedangkan varian GM-5600B ( GM-5600B-1 dan GM-5600B-3 ) mendapatkan coating berupa black ion plated sehingga pada bezelnya terlihat berwarna lebih gelap.

Pada dasarnya model ini dilahirkan dari desain 5600 yang memang sangat popular. Hanya saja Casio melakukan beberapa penyesuaian untuk model GM-5600 ini, salah satunya dengan menggunakan material metal / stainless steel pada bagian bezel. Yah, cukup berbeda jika kita bandingkan dengan seri 5600 lainnya yang hampir keseluruhannya menggunakan material resin. Namun jangan terkecoh, hanya pada bagian bezel digunakan bahan metal, sedangkan bagian case tetap menggunakan resin. Case ini sendiri hampir tertutup secara keseluruhan oleh bezel dari bagian atas dan juga back case stainless steel dari bagian belakang. Namun bukan tanpa sebab, case tersebut terbuat dari resin. Selain untuk mengurangi bobot jam ini, bahan resin dipercaya menjadi penahan benturan apabila jam ini jatuh atau Anda secara tidak sengaja menabrakkannya pada sesuatu yang keras.

FITUR

Jika sebelumnya Anda telah memiliki jam tangan model 5600, tentu Anda telah paham jika model tersebut memang tidak dilengkapi dengan banyak fitur. Begitu juga dengan model GM-5600 ini hanya bermodalkan fitur paling standard dari G-Shock, seperti waktu, kalender, alarm, timer dan stopwatch. Bahkan untuk fitur waktu dunia tidak ada pada model ini, sehingga cukup menyulitkan jika Anda sering berpergian keluar negeri.

CASIO G-SHOCK GM-5600-1

Meskipun pada bagian bezelnya tidak mendapatkan coating black ion plated, namun varian ini adalah yang paling kami sukai. Hal ini karena kami sangat menyukai perpaduan warna stainless steel asli dipadukan dengan resin band berwarna hitam dengan desain yang sangat sederhana. Warna stainless steel asli memang memiliki kelebihan dimana seri GM-5600-1 ini terlihat lebih mewah dan menonjol dibandingkan seri 5600B dengan bezel hitamnya. Namun perlu Anda perhatikan bahwa sifat asli dari stainless steel adalah sangat mudah “menangkap” sidik jari Anda saat menyentuhnya. Satu sentuhan dengan jari Anda dijamin akan membekas dengan cukup jelas pada bagian bezel ini dan tentu saja hal ini akan membuat Anda lebih sering untuk membersihkannya dengan kain halus. Dan menurut pengalaman kami selama ini, bahan stainless steel sendiri cukup mudah tergores halus saat Anda bersihkan dengan material yang sedikit kasar. Apalagi jika bezel ini terjatuh atau terbentur. Namun jangan khawatir karena meskipun mudah tergores / baret, Anda dapat menghilangkan goresan halus tersebut dengan cairan yang banyak tersedia dipasaran. Tapi kami sarankan agar menyerahkannya pada ahlinya agar tidak merusak bagian kaca ataupun part lain dari jam ini.

Perhatikan pada photo dibawah ini dimana seri GM-5600-1 terlihat lebih memantulkan cahaya dibandingkan dengan seri GM-5600B-3.

CASIO G-SHOCK GM-5600B-1 / -3

Sedangkan untuk 2 varian GM-5600B, pada bagian metal bezelnya sendiri telah diberikan coating black ion plated untuk menghasilkan warna bezel yang lebih gelap ( hitam ). Namun walaupun berwarna hitam, sifat stainless steel pada bezel ini masih terlihat yaitu pada sudut yang tepat masih akan memantulkan cahaya.  Itulah sebabnya bezel ini terlihat berubah warna dengan sudut yang berbeda. Namun berbeda dengan GM-5600-1 yang terlihat lebih berkilau, setelah mendapatkan coating black ion plated maka bezel pada varian GM-5600B terlihat sangat soft atau doft. Begitu juga dengan bekas jari tangan tidak akan terlalu menempel pada bagian bezel tersebut. Namun karena sifat doft ini yang membuat metal bezel tersebut terlihat tidak semewah GM-5600-1.

Seri GM-5600B-3 memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan 2 varian lainnya, yaitu motif army dengan pola titik-titik pada bagian wajahnya. Terlihat unik dan berbeda terutama saat dikombinasikan dengan resin band berwarna hijau army juga. Tidak heran jika seri GM-5600B-3 ini menjadi warna yang paling laris.

Memasuki tahun 2020, Casio mulai rajin mengeluarkan produk-produk G-Shock yang dilengkapi dengan tuas untuk memudahkan copot / pasang resin band. Seri GM-5600 merupakan salah satunya, hanya dengan mendorong tuas yang ada pada bagian belakang resin band maka Anda dapat mempersingkat waktu untuk mencopot atau memasang band tersebut. Namun cukup ironis, karena selain cukup sulit mendapatkan resin band untuk model-model G-Shock ternyata tidak semua resin band juga dapat dikanibal untuk model G-Shock lainnya. Artinya jika Anda hanya memiliki 1 jam G-Shock maka dapat dipastikan tuas ini mungkin cukup jarang akan digunakan.

Namun jika ternyata Anda telah beberapa model jam tangan G-Shock mungkin Anda bisa melakukan sedikit eksperimen seperti yang kami lakukan dengan seri GM-5600-1 dengan resin band dari seri GA-2100-4A. Cukup menarik bukan ?

LIGHTING 

Untuk bagian penerangan kami akui tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan seri 5600 lainnya. Tapi LED backlight yang dipakai pada seri GM-5600 ini kami rasa lebih dari cukup untuk memberikan informasi bagi Anda saat dalam keadaan gelap total sekalipun.

Spesifikasi

  • Bahan casing / bezel: Resin / Baja tahan karat
  • Tali Jam Tangan Resin
  • Tahan Goncangan
  • Kaca Mineral
  • Ketahanan air 200 meter
  • Cahaya latar berkilau elektro
    Berpijar
  • Peringatan flash
    Flash dengan dengung yang merupakan bunyi alarm, sinyal waktu hitungan jam
  • Stopwatch 1/100 detik
    Kapasitas pengukuran: 00’00″00~59’59″99 (untuk 60 menit pertama)
    1:00’00~23:59’59 (setelah 60 menit)
    Unit pengukuran: 1/100 detik (untuk 60 menit pertama)
    1 detik (setelah 60 menit)
    Mode pengukuran: Waktu berlalu, waktu split, waktu posisi pertama-kedua
  • Pengatur waktu mundur
    Unit pengukuran: 1 detik
    Jarak waktu mundur: 24 jam
    Jarak pengaturan waktu mulai waktu mundur: 1 detik hingga 24 jam (kenaikan 1 detik, kenaikan 1 menit, dan kenaikan 1 jam)
    Lainnya: Ulang-otomatis
  • Alarm multi fungsi
  • Sinyal waktu hitungan jam
  • Kalender otomatis sepenuhnya (hingga tahun 2039)
  • Format 12/24 jam
  • Ketepatan waktu reguler: Jam, menit, detik, pm, bulan, tanggal, hari
  • Akurasi: ±15 detik per bulan
  • Perkiraan masa pakai baterai: 2 tahun pada CR2016

UKURAN CASING / BERAT TOTAL

  • Ukuran casing : 49.6×43.2×12.9mm
  • Berat total : 73g

Comments are closed.

WhatsApp Click to WhatsApp