Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Tips, Trik & Info » Cara mengganti sendiri baterai / batere G-Shock, modal Rp 12.000,-

Cara mengganti sendiri baterai / batere G-Shock, modal Rp 12.000,-



CHOOSE LANGUAGE



Subscribe to our channel to access more than 1000 videos and get a chance to win free gift from us


Merasa bingung karena jam tangan Casio G-Shock Anda tiba-tiba bermasalah atau bahkan mati total? Apalagi saat ditengah PSBB akibat pandemi virus covid-19 yang tengah mewabah, hampir semua toko jam dan service centre tutup. Dengan kondisi yang tidak diketahui kapan berakhirnya, sudah saatnya kita untuk belajar hal kecil baru, misalnya mengganti baterai jam tangan sendiri.
Yuk intip dahulu video diatas ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 10-20rb untuk pembelian baterai baru.
Atau Anda dapat membaca artikel yang kami break-down dari video tersebut.

Perlu diketahui biaya penggantian baterai G-Shock umumnya  berkisar antara Rp 100.000 sd Rp 250.000,- tergantung tempat dan juga jenis baterai yang akan Anda ganti. Untuk G-Shock GA-110 yang akan kami bedah ini, hanya memerlukan 1 baterai kancing.

Tentu saja dalam melakukan penggantian baterai Casio G-Shock ini ada beberapa resiko yang akan Anda hadapi, termasuk kehilangan masa Garansi jam tangan Anda tersebut. Resiko lain seperti kerusakan beberapa komponen mikro dan sensitif akibat kesalahan dalam pembongkaran yang Anda lakukan. Hal lain yang biasa terjadi misalnya rusaknya baut akibat penggunaan obeng yang tidak sesuai sampai baretnya bagian bezel / kaca akibat tidak memberikan alas kain pada saat melakukan penggantian baterai ini.
Namun semua itu dapat Anda hindari dengan melakukan aktivitas ini dengan perlahan-lahan dan berhati-hati.

Salah satu ciri-ciri paling sering kita temukan sebelum baterai jam casio g-shock Anda benar-benar rusak adalah mulai ngadatnya jarum analog sehingga waktunya menjadi berbeda dengan waktu jam digital. Umumnya jam digital masih berfungsi walaupun baterai jam tersebut udah mulai rusak. Jika hal ini kita biarkan, mungkin dalam 1-2 minggu, jam Anda baru akan mati total.

Begitu juga dengan beberapa fungsi jam G-Shock Andapun tidak bisa berfungsi lagi seperti lampu penerangan. Pada beberapa tipe solar tough, jika baterai G-Shock Anda mulai lemah maka ciri-cirinya juga cukup mirip. Namun bedanya Anda dapat melakukan charging melalui cahaya matahari untuk menaikkan level baterai dari low – medium – high.
Untuk seri yang tidak memiliki fitur solar tough seperti G-Shock GA-11o ini, terpaksa kita harus mengganti baterainya langsung.

Untuk mengetahui jenis baterai kancing pada Casio G-Shock Anda bisa melalui spesifikasi yang diberikan Casio pada website resminya. Untuk G-Shock GA-110 menggunakan baterai jenis CR1220. Sedangkan untuk merk baterai standard dari G-Shock adalah merk Sony. Tetapi Anda dapat saja membeli merk lain seperti Sony, Renata Energizer dan lain-lain. Jenis baterai yang tersedia pada marketplace seperti tokopedia, shopee dan bukalapak memang sangat banyak. Pastikan baterai yang akan Anda beli adalah original karena sangat banyak baterai palsu yang beredar. Penggunaan baterai palsu sendiri cukup banyak kerugiannya, dari jam yang tidak menyala sama sekali atau hanya bertahan 1-2 minggu.

Alat yang akan kami gunakan cukup sederhana, yaitu sebuah obeng plus, pinset dan sebuah kain microfiber. Jika ada gunakan pinset yang cukup panjang dengan ujung yang runcing dan tajam, karena ujung pinset ini akan berguna saat akan menutup penutup baterai. Begitu juga dengan penggunaan obeng plus harus yang benar-benar pas pada baut kecil pada bagian belakang jam ini. Obeng plus yang kekecilan ataupun kebesaran sangat berpotensi merusak kepala baut tersebut.

Bukalah secara perlahan ke-4 baut penutup case belakang ini, longgarkan dahulu ke-4 baut tersebut baru kemudian mulai membuka baut tersebut satu-persatu. Tempatkan baut yang sudah dibuka kedalam sebuah wadah agar tidak hilang karena kecilnya ukuran baut ini.

Saat membuka case penutup belakang ini, jangan menggesernya dengan kuat karena dapat mengakibatkan kerusakan pada karet seal didalam. Cukup diangkat secara perlahan keatas tanpa menggesernya kekiri atau kekanan.

Periksalah karet seal bulat berwarna hitam seperti gambar diatas, pastikan posisi karet ini masih berada pada jalurnya. Terutama disaat kita akan menutup kembali penutup belakang jam G-Shock ini. Apabila karet tersebut telah rusak atau putus dan Anda belum memiliki karet seal cadangan, usahakan agar tidak membawa jam kesayangan Anda untuk berbasah-basahan dahulu.

Lepaskan plastik penutup module, ingatlah posisi penutup ini agar tidak salah pada saat akan ditutup.Lepaskan stiker yang menempel pada baterai jam G-Shock ini. Stiker ini berisi panduan untuk me-reset jam G-Shock ini setelah penggantian baterai.

Selanjutkan kita harus membuka penutup baterai, perhatikan bagian dengan 2 ujung adalah kaitan yang berfungsi sebagai buka tutup. Gunakan ujung pinset yang runcing atau peniti, tusuk dan congkel dengan sedikit tenaga. Hati-hati agar tidak salah menusuk komponen sensitif lainnya.

Jika bagian penutup ini telah terbuka, Anda tinggal menarik keluar baterai lama tersebut dan menggantinya dengan baterai baru.

Setelah baterai baru berhasil Anda masukkan, sekarang Anda tinggal menutup kembali bagian pengunci. Gunakan jari Anda untuk mendorong bagian paling ujung hingga kaitannya kembali masuk.

Setelah proses penggantian baterai, Casio menyarankan untuk melakukan reset dengan panduan yang tertulis pada stiker penutup baterai.
Gunakan pinset untuk menempelkan bagian AC dengan (-). Sebagian orang melakukan reset dengan menempelkan bagian AC dan bagian atas baterai. Sentuh dengan ujung pinset sekitar 3 detik.

Sebelum menutup kembali penutup belakang, ada 2 hal yang perlu Anda periksa. Pertama pastikan jam G-Shock Anda telah menyala kembali. Kemudian perhatikan marker atau titik pada pukul 3, 6, 9, 12 apakah masih lurus. Jika Anda perhatikan pada photo diatas, terlihat jelas marker pada pukul 3 dan pukul 6 tidak lurus. Hal ini diakibatkan module atau mesin jam ini sedikit bergeser saat kami melakukan penggantian baterai.

Putar secara perlahan ke arah yang diperlukan, kembali periksa marker-marker tadi sampai semuanya benar-benar telah lurus seperti semula.

Kemudian tutup kembali semua dari stiker penutup baterai, plastik penutup module dan case belakang. Pastikan karet seal masih terpasang dengan rapi. Terakhir kunci kembali semua baut-baut yang telah Anda buka tadi.

Selamat, Anda akhirnya berhasil mengganti baterai jam G-Shock Anda sendiri. Biaya yang kami perlukan untuk proses ini sendiri hanya Rp 12.000 untuk pembelian baterai baru.

Setelah proses ini selesai, Anda masih harus melakukan penyesuaian waktu jam di G-Shock Anda. Karena pada saat proses penggantian baterai semua settingan waktu telah berubah.

Comments are closed.

WhatsApp Click to WhatsApp