Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Review Jam Tangan Casio » G-Shock » Review G-shock Mudmaster GG-B100, level baru pada era G-shock modern

Review G-shock Mudmaster GG-B100, level baru pada era G-shock modern



CHOOSE LANGUAGE



Subscribe to our channel to access more than 1000 videos and get a chance to win free gift from us

GIVEAWAY JAM TANGAN G-SHOCK GA-2100-1A.
1. Subscribe channel youtube indowatch,
► YOUTUBE - https://www.youtube.com/indowatch

like video ini dan beri komentar dimana Anda berdomisili ( contoh : bandung )
2. Follow instagram @indowatch.co.id untuk pengumuman pemenang pada tanggal 12 November 2019.
►Instagram - https://www.instagram.com/indowatch.co.id/

Pemenang akan dipilih secara acak dari komentar yang masuk dan diumumkan pada tanggal 12 November 2019.

Kami akan menghubungi peserta yang beruntung dan mengirimkan jam tangan ini ke alamat Anda.
Bagi yang belum beruntung, tetap semangat yah... karena akan ada GIVEAWAY berikutnya yang lebih keren lho.




Casio kembali menghadirkan varian mudmaster terbaru mereka, dengan kode GG-B100. Kode B memang identik dengan hadirnya fitur bluetooth pada beberapa model yang gencar dikeluarkan oleh Casio belakangan ini. Namun bukan fitur bluetooth ini saja yang menjadi daya tarik utama dari versi Mudmaster terbaru ini. Apa saja ? Mari kita bahas apa saja keunggulan dari seri GG-B100 ini dan apa juga kekurangannya, yang pasti untuk kloter pertama ini ada 3 warna keren yang dihadirkan untuk Anda pecinta jam tangguh.
Seri GG-B100 dihadirkan oleh Casio dengan 3 warna, dimana 2 warna yaitu hitam dan hijau cukup umum kita temukan pada seri G-shock lainnya. Sedangkan warna ketiga yaitu orange memang bukan warna pertama yang mereka keluarkan. Namun warna orange ini cukup jarang kita temukan, apalagi kebanyakan warna orange yang ada selama ini bisa dikatakan cukup jarang peminatnya. Namun perlu dicatat bahwa 3 warna ini pastinya akan mendapatkan tambahan-tambahan warna lainnya, dan biasanya casio juga akan mengeluarkan versi “emas” untuk hampir semua produk G-shock mereka.
  

Dari ketiga varian GG-B100 ini sendiri memang hanya memiliki perbedaan yang signifikan pada bagian resin band. Sedangkan pada bagian bezel terlihat identik dengan motif carbon dan hitam. Terlihat beberapa perbedaan aksen warna pada masing-masing varian, namun tidak signifikan mengganggu dominannya warna hitam secara keseluruhan.

Hadir dengan 3 warna resin band yang berbeda yaitu hitam, hijau dan orange. Sedangkan untuk bagian utama dari jam GG-B100 ketiganya cukup identik dengan warna hitam mendominasi hampir keseluruhannya. Hanya ada sedikit aksen yang berbeda pada masing-masing model tersebut.

Seri GG-B100 ini  dihadirkan untuk menggantikan seri mudmaster sebelumnya yaitu GG-1000. Meskipun secara fisik terlihat cukup mirip, namun seri GG-B100 ini berada dilevel yang berbeda dibandingkan pendahulunya tersebut. GG-B100 unggul hampir disemua sektor jika kita bandingkan dengan seri GG-1000, namun tentu saja jika kita tilik dari harga jual antara keduanya juga berbeda. GG-B100 memang dijual dengan harga yang lebih mahal, namun masih dalam batas harga wajar dengan semua fitur yang disodorkan.

Quad sensor
Jika seri GG-1000 hanya memiliki 2 sensor ( compass dan thermometer ), maka pada seri GG-B100 ini digandakan menjadi 4 sensor ( quad sensor ) yaitu compass, altimeter, barometer dan thermometer. Peningkatan menjadi quad sensor ini tentu sangat signifikan bagi anda yang memerlukan fitur-fitur tersebut untuk kegiatan outdoor.

Mud resistant  structure  (dust and mud resistant)
Pada bagian case yang terbuat dari campuran resin dan karbon ini dirancang bersamaan dengan tombol stainless steel menghasilkan bagian yang kedap udara, kemudian ditambah dengan filter yang memberikan ketahanan terhadap debu maupun lumpur yang sangat mungkin masuk tanpa kedua bagian tersebut.
Walaupun demikin keseluruhan tombol dari seri ini sangat empuk saat ditekan, hampir tidak membutuhkan tenaga ekstra seperti seri mudman G-9300 lawas.

Bezel carbon

Pada bagian bezel ketiganya terlihat identik dengan motif carbon fiber, yang terlihat sangat gagah dan mewah. Casio dengan cerdik menggunakan 3 layer / lapisan pada bagian bezel tersebut. Pada dasarnya layer carbon fiber diapit dengan 2 layer resin, dimana layer resin paling atas berwarna transparan sehingga saat ditumpuk motif carbon fibre tetap terlihat. Penggunaan bahan carbon memang mulai rutin digunakan oleh casio walaupun masih sebatas penggabungan dengan bahan resin.

Carbon Core Guard structure
( Struktur pelindung inti karbon )

Meskipun diberi judul struktur pelindung inti karbon ( case dari bahan karbon ), pada dasarnya case ini bukanlah 100% terbuat dari bahan karbon. Melainkan terbuat dari bahan resin yang kemudian diperkuat ( dicampur ) dengan bahan karbon. Untuk komposisi resin dan karbon sendiri tidak ada data yang diberikan casio pada bagian spesifikasinya, jadi tidak bisa dipastikan apakah materi resin atau karbon yang lebih dominan pada bagian case ini. Namun tentu saja penggunaan bahan karbon mendongkrak tidak hanya kekuatan dari case tersebut, namun juga memberikan keuntungan secara bobot yang lebih ringan pada keseluruhan jam GG-B100 ini. Belum lagi jika kita lihat dari efek psikologis yang diberikan dengan campuran bahan karbon yang biasanya digunakan oleh produk-produk high-end ( baca : mahal ).

Mobile link
Dengan adanya fitur bluetooth pada seri GG-B100 ini maka Anda dapat menghubungkan jam ini dengan smartphone anda melalui aplikasi G-shock connected ( android dan ios ). Berbagai fitur dapat Anda akses dan analisa melalui smartphone, termasuk fitur step tracker. Dari aplikasi ini anda juga dapat melihat berapa banyak kalori yang Anda bakar, cukup berguna bukan ?

Step tracker
Fitur step tracker juga disematkan pada jam ini untuk melengkapi fitur-fitur yang ada. Fitur ini sendiri akan secara otomatis nyala, saat anda memakai jam ini dan mulai berjalan beberapa detik. Dengan fitur ini Anda dapat menganalisa jumlah langkah anda dan kalori yang dibakar setiap harinya. Penghitungan langkah ini sendiri akan direset secara otomatis setiap harinya, jadi jangan kaget bila anda mendapati jumlah langkah anda hari ini lebih sedikit dibandingkan dengan yang anda lihat dihari sebelumnya.

PENUTUP CASING GANDA

Hampir sama dengan model GA-2000 yang telah hadir terlebih dahulu, seri GG-B100 ini juga mendapatkan 2 penutup case belakang. Sebagai pelindung utama digunakan case stainless steel yang selama ini telah dipakai oleh casio pada hampir semua model G-shocknya. Dan sebagai pelindung lapis ke-2, digunakan penutup case dengan bahan resin terbaik yang diperkuat dengan serat kaca. Dengan 2 penutup case ini tentu saja kemampuan jam ini dalam menahan debu, air dan juga benturan semakin solid.

 

LED SUPER TERANG
Cukup sulit untuk mencari G-shock dengan kelas yang sama untuk menandingi terangnya lampu LED yang dihadirkan untuk seri GG-B100 ini. Meskipun telah membaca spesifikasi sebelumnya, kami tetap terkejut melihat kemampuan dari lampu tersebut. Bahkan pada bagian “pukul 6” tempat dimana lampu LED berada mengakibatkan marker 6 tersebut sedikit over expossure. Singkat kata hampir semua data dapat kita pelototin meskipun dalam kondisi gelap gulita dengan menggunakan tombol light yang berada dibawah angka 6.

ABSENNYA TOUGH SOLAR

Dengan hadirnya sederet fitur-fitur tambahan pada seri GG-B100 ini seperti quad sensor, mobile link dan step count serta lampu LED yang terang membuat pemakaian daya tentunya akan semakin besar. Namun sayang sekali seri GG-B100 ini tidak diberikan fitur tough solar yang tentunya akan sangat membantu recharge pada baterai disaat penggunaan fitur-fitur pada jam ini. Kami mungkin bisa memahami jika casio tidak ingin mencemplungkan semua fitur-fitur mereka pada seri ini untuk proses difrensiasi pada produk lain ataupun produk baru yang telah mereka rencanakan. Harus kita akui dengan sederet teknologi terbaru yang ada pada seri GG-B100 ini, varian ini masih masuk pada kelas menengah bahkan kelas terendah untuk seri mudmaster. Pertanyaannya adalah berapa lama baterai standar dari GG-B100 ini dapat bertahan ? Apakah mampu bertahan hingga 2 tahun seperti klaim dari casio pada spesifikasinya ?

Spesifikasi

  • Bahan casing / bezel: Karbon / Resin
  • Tali Jam Tangan Resin
  • Neobrite
  • Kaca Mineral
  • Struktur Pelindung Inti Karbon
  • Tahan Lumpur
  • Tahan Goncangan
  • Kaca Sferis
  • Ketahanan air 200 meter
  • Lampu LED ganda
    Lampu LED untuk muka jam (Lampu LED otomatis, Super iluminator, durasi iluminasi yang dapat dipilih (1,5 detik atau 3 detik), berpijar)
    Cahaya latar LED untuk tampilan digital (Lampu LED Otomatis, Super iluminator, durasi iluminasi yang dapat dipilih (1,5 detik atau 3 detik), berpijar)
  • Mobile link (Terhubung secara nirkabel menggunakan Bluetooth®)
  • Kompas digital
    Mengukur dan menampilkan arah sebagai salah satu dari 16 titik
    Rentang pengukuran: 0 hingga 359°
    Unit pengukuran: 1°
    60 detik pengukuran berkelanjutan
    Jarum penunjuk arah utara
    Koreksi deklinasi magnetis
    Kalibrasi arah (kalibrasi 2 titik, kalibrasi delapan angka, kalibrasi otomatis)
  • Altimeter
    Rentang pengukuran: -700 hingga 10.000 m (-2.300 hingga 32.800 kk.)
    Unit pengukuran: 1 m (5 kk.)
    Jarum penunjuk grafik selisih ketinggian
    Pengukuran memori manual (hingga 14 catatan, masing-masing mencakup ketinggian, tanggal, waktu)
    Data log otomatis (Ketinggian tinggi/rendah, kenaikan dan penurunan kumulatif)
    Lainnya: Pembacaan ketinggian relatif (±100 m /±1000 m), interval pengukuran yang dapat dipilih: 5 detik atau 2 menit (1 detik untuk 3 menit pertama saja)
    *Beralih antara meter (m) dan kaki (kk)
  • Barometer
    Rentang pengukuran: 260 hingga 1.100 hPa (7,65 hingga 32,45 inHg)
    Unit pengukuran: 1 hPa (0,05 inHg)
    Jarum penunjuk selisih tekanan (±10 hPa)
    Grafik tendensi tekanan atmosfer (20 jam atau 56 jam terakhir)
    Alarm informasi tendensi tekanan barometer (bunyi dan panah menunjukkan perubahan tekanan signifikan)
    Grafik tendensi tekanan atmosfer dapat menampilkan 20 menit atau 56 menit pengukuran terakhir. Jarum indikasi selisih tekanan menunjukkan nilai dalam unit ±1 hPa.
    *Beralih antara hPa dan inHg
  • Termometer
    Rentang pengukuran: -10 hingga 60°C (14 hingga 140°F)
    Unit pengukuran: 0,1°C (0,2°F)
    *Beralih antara Celsius (°C) dan Fahrenheit (°F)
  • Penghitungan langkah menggunakan sensor akselerasi 3 sumbu: Rentang tampilan hitungan langkah dari 0 hingga 999,999
    Penghematan Daya: Sensor otomatis memasuki kondisi tidur setelah tidak aktif dalam periode tertentu
  • Waktu dunia
    38 zona waktu (38 kota + waktu universal terkoordinasi), waktu musim panas aktif/nonaktif, pertukaran kota Asal/kota waktu Dunia
  • Tampilan waktu matahari terbit, tenggelam
    Waktu matahari terbit dan tenggelam untuk tanggal tertentu
  • Stopwatch 1/100 detik
    00’00”00~59’59”99 (untuk 60 menit pertama)
    1:00’00~23:59’59 (setelah 60 menit)
    Unit pengukuran:
    1/100 detik (untuk 60 menit pertama)
    1 detik (setelah 60 menit)
    Mode pengukuran: Waktu berlalu, waktu split, waktu posisi pertama-kedua
  • Pengatur waktu mundur
    Unit pengukuran: 1 detik
    Jarak waktu mundur: 24 jam
    Jarak pengaturan waktu mulai waktu mundur: 1 detik hingga 24 jam (kenaikan 1 detik dan kenaikan 1 jam)
  • 5 alarm harian
  • Sinyal waktu hitungan jam
  • Fitur pergeseran jarum
  • Kalender otomatis sepenuhnya (hingga tahun 2099)
  • Format 12/24 jam
  • Suara tombol operasi aktif/nonaktif
  • Ketepatan waktu reguler
    Analog: 3 jarum (jam, menit (jarum bergerak setiap 10 detik), detik)
    Digital: Jam, menit, detik, am/pm, bulan, tanggal, hari
  • Akurasi: ±15 detik per bulan (tanpa fungsi mobile link)
  • Perkiraan masa pakai baterai: 2 tahun pada CR2025

    UKURAN CASING / BERAT TOTAL

    • Ukuran casing : 55.4×53.1×19.3mm
    • Berat total : 92g

Comments are closed.

WhatsApp Click to WhatsApp