Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Review Jam Tangan Casio » G-Shock » Review Casio G-shock GA-2000-1A9, primadona baru dengan banyak keunggulan

Review Casio G-shock GA-2000-1A9, primadona baru dengan banyak keunggulan



CHOOSE LANGUAGE



Subscribe to our channel to access more than 1000 videos and get a chance to win free gift from us

Seri G-shock GA-2000 ini telah menjadi fenomena sejak kehadirannya sekitar bulan april 2019. Bukan hanya karena diproyeksikan menjadi salah satu andalan casio untuk tetap eksis dan bertahan dari gempuran para pesaingnya, tetapi juga karena GA-2000 ini cukup sulit ditemukan di toko-toko online ataupun offline ( selain toko casio resmi ). Apakah karena seri ini sangat heboh dan laku dipasaran ? ataukah pihak casio belum merelakan produk ini untuk “digoreng” oleh para pemilik toko online ?
indowatch.co.id sendiri hanya berhasil mendapatkan cukup sedikit untuk masing-masing warna dari seri GA-2000 ini. Bahkan stok kami sendiri langsung ludes  dihari yang sama kami mendapatkan stok jam ini. Memang selain memiliki desain dan teknologi carbon core stucture, tidak bisa dipungkiri jika keterbatasan stok menjadikan seri GA-2000 ini cukup sulit untuk ditemukan di toko online, tapi jika Anda tidak memiliki masalah dengan budget tentu saja cukup mudah Anda temukan jam ini di toko-toko resmi casio.
  

Walaupun menjadi produk andalan, GA-2000 ini masih mendapatkan packaging lama berwarna hitam  yang merupakan ciri khas dari g-shock standard selama ini. Perlu dicatat bahwa sampai saat ini hampir tidak ada produk jam tangan casio yang tersegel plastik seperti halnya jika Anda membeli smartphone. Jadi jika Anda akan membeli jam tangan casio pada pertama kali, jangan kaget karena mendapatkan packaging tanpa segel plastik.
Tidak sedikit juga yang cukup kecewa dengan packaging standard dari g-shock ini, terutama jika Anda membeli seri GWG-1000 ( 8jutaan ) dan seri GA-700 ( 1jutaan ), dimana kedua jam yang terpaut harga yang sangat jauh ini memiliki packaging yang sama juga.

Tampilan utama dari jam G-shock GA-2000-1A9 ini memang cukup berbeda dengan seri-seri g-shock sebelumnya. Apa saja yang berbeda ? Setidaknya ada 5  hal penting yang dapat kami temukan pada jam ini :
1. Penggunaan bezel bulat
2. Penggunaan bahan carbon yang dikombinasikan dengan resin
3. Penggunaan tombol yang tidak lagi dilindungi oleh case
4. Sistem resin band yang gampang dicopot dan pasang
5. Sistem double back case ( penutup bagian belakang )

Untuk bagian wajah terlihat cukup modern dan gagah, apalagi Casio cukup berhasil melakukan kombinasi warna kuning dan hitam yang memberikan kesan sporty dan gagah sekaligus. Secara keseluruhan kami menilai seri GA-2000-1A9 ini sangat berhasil memukau dan mengesankan pada pandangan pertama.

Jika sebelumnya G-shock cenderung “memagari” tombol-tombol pada jam tangan mereka untuk menghindari benturan secara langsung, maka khusus untuk seri ini sendiri G-shock mulai memperkenalkan “Guard-less Button Structure”. Struktur ini sendiri memungkinkan keseluruhan dari tombol pada seri GA-2000 ini terlihat bebas dari “pagar-pagar” pelindung. Terlihat jelas jika semua tombol tersebut memiliki resiko besar terbentur secara langsung dan inilah yang telah diantisipasi oleh Casio dengan “Carbon Core Guard structure” dan penguatan lainnya yang memungkinkan seri ini cenderung dianggap lebih aman terhadap benturan.

Desain tanpa pagar pengaman pada tombol-tombol jam g-shock GA-2000 ini memang memberikan dampak desain yang lebih bersih dan juga elegan. Desain bulat yang cukup jarang kita lihat pada seri G-shock sebelumnya karena “keharusan” membangun pagar-pagar yang melindungi tombol-tombol mereka. Namun kembali lagi pada masalah selera, sebagian menganggap desain lama g-shock yang memiliki pagar terlihat lebih kokoh dan berotot dibandingkan desain sederhana dan bersih seperti yang kita lihat pada seri GA-2000 ini.


G-shock akhirnya mengeluarkan produk yang cukup bersahabat untuk melakukan gonta-ganti strap, setidaknya untuk model yang sejenis. Kami belum melakukan ujicoba dengan strap lainnya ( 22 mm ), namun melihat konstruksi dari bagian LUGS (  bagian yang menghubungkan antara strap dan jam itu sendiri ) terlihat sangat memungkinkan untuk memakai strap universal.

Pada seri GA-2000-1A9 ini memang terlihat jelas jika bagian resin band mendapatkan perhatian yang cukup besar. Selain penambahan sistem slider yang memungkinkan resin band pada jam ini dapat dipasang dan lepas dengan gampang, terlihat juga dengan jelas desain yang lebih segar dengan penggunaan dua warna yang sangat kontras yaitu hitam dan kuning.Bagian belakang ( back case ) dari seri GA-2000 ini sendiri mendapatkan pengamanan ganda, yaitu backcase utama dari stainless steel ( seperti lazimnya pada G-shock lainnya ) dan kemudian dilindungi kembali dengan backcase dari resin berkwalitas seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Desain dengan double back case ini juga memungkinkan Casio untuk mendesain agar posisi resin band dan back case menjadi sejajar ( flat ).

Untuk bagian lighting yang notabene adalah bagian yang ( menurut kami ) paling lemah selama ini pun mendapatkan perhatian yang cukup besar dari Casio. Jika Anda memiliki sebuah jam tangan G-shock analog digital, Anda pasti juga menyadari jika bagian penerangan dari jam G-shock tersebut masih jauh dari kategori baik. Belakangan ini G-shock mulai menerapkan dual LED lighting. Dimana terdapat dua lampu yang akan menerangi dua bagian terpenting yaitu bagian LCD dan juga bagian wajah dari jam tersebut. Usaha yang menurut kami telah cukup membantu kita untuk dapat melihat “sebagian besar” dari jam Anda pada kondisi tanpa cahaya, walaupun menurut kami masih harus membutuhkan “tatapan” extra untuk melihat secara jelas.

Desain casing yang bulat tanpa pagar pelindung tombol terlihat sangat elegan saat seri GA-2000 ini digunakan dipergelangan tangan Anda. Tidak terlihat DNA G-shock seri lama yang memang cenderung memiliki banyak  liku-liku pada bagian casing.

Dengan dimensi casing 48.7 MM sebenarnya seri GA-2000 ini masih termasuk cukup kecil jika dibandingkan seri G-shock lainnya seperti GA-700, GA-110, GA-100 dan lain lain. Jadi bagi Anda yang bermasalah dengan dimensi yang cukup besar dari g-shock, pilihan mungkin bisa Anda jatuhkan pada seri GA-2000 ini.

Saat ini entah karena alasan apa, ketersedian stok GA-2000 ini sendiri masih cukup langka terutama pada toko-toko diluar gerai resmi casio indonesia, ditambah dengan animo dan permintaan yang sangat besar membuat seri ini semakin susah untuk didapatkan. Kecuali jika budget tidak menjadi masalah bagi Anda, karena cukup banyak spekulan yang menjualnya bahkan diatas harga normal di gerai resmi.

Spesifikasi

    • Bahan casing / bezel: Karbon / Resin
    • Tali Jam Tangan Resin
    • Kaca Mineral
    • Tahan Goncangan
    • Struktur Pelindung Inti Karbon
    • Ketahanan air 200 meter
    • Lampu LED ganda
      Lampu LED untuk muka jam (Super iluminator, durasi iluminasi yang dapat dipilih (1,5 detik atau 3 detik), berpijar)
      Cahaya latar LED untuk tampilan digital (Super iluminator, durasi iluminasi yang dapat dipilih (1,5 detik atau 3 detik), berpijar)
    • Waktu dunia
      31 zona waktu (48 kota + waktu universal terkoordinasi), waktu musim panas aktif/nonaktif, pertukaran kota Asal/kota waktu Dunia
    • Stopwatch 1/100 detik
      Kapasitas pengukuran:
      00’00”00~59’59”99 (untuk 60 menit pertama)
      1:00’00~23:59’59 (setelah 60 menit)
      Unit pengukuran:
      1/100 detik (untuk 60 menit pertama)
      1 detik (setelah 60 menit)
      Mode pengukuran: Waktu berlalu, waktu split, waktu posisi pertama-kedua
    • Pengatur waktu mundur
      Unit pengukuran: 1 detik
      Jarak waktu mundur: 24 jam
      Jarak pengaturan waktu mulai waktu mundur: 1 detik hingga 24 jam (kenaikan 1 detik, kenaikan 1 menit, dan kenaikan 1 jam)
    • 5 alarm harian
    • Sinyal waktu hitungan jam
    • Fitur pergeseran jarum (Jarum bergeser agar tidak menghalangi tampilan konten digital.)
    • Kalender otomatis sepenuhnya (hingga tahun 2099)
    • Format 12/24 jam
    • Suara tombol operasi aktif/nonaktif
    • Ketepatan waktu reguler
      Analog: 2 jarum (jam, menit (jarum bergerak setiap 20 detik)), 1 dial (mode)
      Digital: Jam, menit, detik, pm, bulan, tanggal, hari
    • Akurasi: ±15 detik per bulan
    • Perkiraan masa pakai baterai: 3 tahun pada SR726W × 2

      UKURAN CASING / BERAT TOTAL

      • Ukuran casing : 51.2×48.7×14.1mm
      • Berat total : 64g

Comments are closed.

WhatsApp Click to WhatsApp