Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Review Jam tangan Seiko » Review SEIKO SBDC029 Prospex Automatic 200M Diver, Sumo mewah yang berbalutkan titanium

Review SEIKO SBDC029 Prospex Automatic 200M Diver, Sumo mewah yang berbalutkan titanium



CHOOSE LANGUAGE



Follow us on :
Instagram
Twitter
Facebook
Google+
YouTube

SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic dipastikan menjadi salah satu varian jam seiko Sumo yang memiliki harga premium berkat penggunaan material titanium pada hampir keseluruhan jam ini mulai dari case hingga bagian bandnya sendiri. Padahal varian sumo cukup dikenal dengan perpaduan yang harmonis antara kwalitas yang tinggi dan juga harga yang tidak terlalu mahal, namun kali ini Seiko mencoba menggeser paradigma tersebut dengan mengeluarkan seri SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic yang juga memiliki tali cadangan dengan material karet.
  

Varian Seiko Sumo sendiri dikenal dengan dimensi yang ada ditengah-tengah, yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, begitu juga dengan desain yang dianut oleh SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini cukup sederhana jika dibandingkan dengan varian monster, turtle ataupun baby tuna yang terkesan sedikit “liar” dan unik. Tepat jika dikatakan jam SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini lebih mengincar pangsa pasar kaum adam yang ingin berpenampilan elegan tanpa terlihat terlalu liar dalam berpenampilan. Bentuk jam yang bulat dengan case yang cukup standard memang tidak membuat penampilan jam SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini terlihat terlalu garang seperti layaknya seiko monster atau seiko turtle. Namun jika Anda ingin terlihat elegan, formal dan juga berkelas maka tipe jam ini akan sangat sesuai bagi Anda.

LUMIBRITE

Bagaimana dengan kondisi jam ini pada malam hari atau pada situasi tanpa cahaya ? Jangan khawatir karena jarum jam SEIKO SNE435P1 PROSPEX PADI DIVERS 200M ini sendiri dilengkapi dengan bahan yang mampu menyerap cahaya dan menyala pada saat kondisi yang gelap. Namun tentunya semakin lama, cahaya pada jarum dan bar jam ini akan semakin redup dan hilang.

Lumibrite adalah sejenis cat bercahaya yang benar-benar tidak berbahaya untuk manusia dan lingkungan alam, tidak mengandung bahan berbahaya seperti zat radioaktif. Lumibrite adalah sejenis cat yang baru dikembangkan yang mampu menyerap energi cahaya dari paparan sinar matahari dan pencahayaan lainnya dalam waktu singkat dan menyimpannya untuk memancarkan cahaya dalam gelap. Misalnya, jika terkena cahaya lebih dari 500 lux selama kurang lebih 10 menit, Lumibrite dapat memancarkan cahaya selama 3 sampai 5 jam. Harap dicatat, bagaimanapun, bahwa, sebagai Lumibrite memancarkan cahaya yang telah disimpan sebelumnya, tingkat pencahayaan dari cat lumibrite ini akan menurun secara bertahap dari waktu ke waktu. Durasi cahaya yang dipancarkan juga mungkin sedikit berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti kecerahan tempat menonton terkena cahaya dan jarak dari sumber cahaya untuk menonton.

TALI KARET EXTRA

Membeli sebuah jam tangan seiko memang sangat identik dengan modifikasi dan hal yang paling simple dan gampang adalah melakukan modifikasi terhadap tali jam standard disaat kita membeli jam tersebut. Sering sekali kita kebingungan untuk mencari tali karet pengganti yang sesuai disaat membeli sebuah jam tangan dengan stainless steel band dan begitu juga sebaliknya. Untungnya jam SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini telah dilengkapi dengan kedua bahan material band tersebut yaitu titanium band ( metal ) dan juga rubber band cadangan yang terlihat sangat berkelas.

ROTATING BEZEL

Fungsi rotating bezel ini memang kerap digunakan saat melakukan diver / penyelaman, dimana bezel ini dapat menunjukkan waktu yang telah kita lalui didalam air tanpa harus melakukan hitungan matematis didalam otak kita. Untuk mencegah terjadinya perputaran yang tidak disengaja, desain rotating bezel ini akan menjadi semakin susah untuk diputar saat berada dalam air. Dan juga untuk alasan keselamatan, rotating bezel ini hanya dapat berputar berlawanan dengan arah jarum jam, sehingga waktu yang diukur tidak pernah lebih singkat dibandingkan dengan waktu aktual penyelaman. Sebagai contoh apabila posisi jarum menit berada pada menit 45, maka arahkan posisi segitiga ( nol / enam puluh ) sesuai dengan jarum menit tersebut yaitu pada menit 45. Sekarang kita bisa mengetahui waktu yang telah kita lalui didalam air melalui kombinasi jarum menit dan juga angka pada bezel. Contohnya pada gambar kami, saat jarum menit berada pada menit 55 maka pada bezel tertera angka 10 yang artinya kita telah melakukan penyelaman selama 10 menit.

Tombol 

Desain jam SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic yang elegan juga kita temukan pada bagian sisi kiri yang terlihat “plong” tanpa ada desain tambahan. Sisi ini memang sangat menonjolkan kwalitas dari bahan stainless steel yang menurut kami cukup berkwalitas tinggi.

Hanya ada satu tombol yang disediakan seiko pada jam pamungkas mereka ini. Tombol ini sendiri merupakan tombol putar yang dapat dikunci dan dibuka sesuai dengan arah putar dari tombol ini. Dengan memutar tombol kearah bawah akan membuka kunci pada tombol ini dan Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap jam, tanggal dan hari. Untuk menghindari terjadinya penyesuaian yang tidak disengaja ataupun yang lebih parah yaitu untuk mencegah agar jam ini tidak kemasukan air maka jangan lupa untuk mengunci kembali tombol tersebut keposisi awal.

Titanium band

Penggunaan material titanium memang tidak sebanyak bahan material stainless steel pada jam tangan Seiko, dan bisa dipastikan beberapa jam tangan Seiko yang telah dibangun dengan bahan titanium akan turut mendongkrak ke-ekslusifan dan juga harga dari jam tangan tersebut. Penggunaan bahan titanium pada seri SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic yang notabene merupakan produk spesial edition membuat harga jam ini sedikit “kemahalan” untuk kalangan kolektor maupun pengguna seiko baru lainnya. Namun perlu dicatat, bahan titanium memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan material stainless steel. Selain itu bobot bahan titanium sendiri lebih enteng sehingga ikut andil memberikan kenyamanan ekstra saat harus menggunakan jam ini dalam waktu sepanjang hari.

Sedangkan untuk sistem buka-tutup pada titanium band ini didukung dengan sistem “Fold-Over Clasp with Safety”. Sistem ini memberikan akses yang cepat saat melakukan buka pasang jam ini pada pergelangan tangan Anda, sekaligus memberikan “kuncian” yang erat. Dengan terlebih dahulu mengangkat plat kecil bertuliskan “SEIKO” keatas, kemudian menekan kedua sisi tombol dari kiri dan kanan, maka otomatis akan membuka kuncian pada clasp ini.

Ketahanan air sampai 200m

Tidak salah jika menjuluki Seiko sebagai produsen jam tangan handal, salah satunya dengan teknologi dan desain dari jam mereka yang mampu bertahan pada kedalaman air yang sangat fantastis. Untuk Model SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini sendiri mampu bertahan hingga kedalaman 200 meter, angka yang mungkin hanya segelintir orang saja yang pernah mencapai kedalaman tersebut.

Dengan dimensi case 43,5 cm, jam Model SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini memang sedikit lebih kecil jika dibandingan dengan beberapa seri turtle ataupun baby tuna- namun jika Anda merasa kedua seri yang kami sebut terakhir sedikit jumbo ditangan Anda, maka seri SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Finishing pada keseluruhan jam SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini terlihat sangat halus dengan tampilan yang sedikit doff dan tidak terlalu mengkilap layaknya stainless steel.

Lebih mengutamakan sebuah jam yang elegan dan berkelas dengan bentuk yang sederhana ? Masukkan SEIKO SBDC029 Prospex Sumo Automatic ini dalam daftar belanja Anda.

Spesifikasi dan Fitur

  • Caliber 6R15
  • Automatic Diver
  • Manual winding capability
  • Power reserve: approx. 50 hours
  • 21,600 VPH
  • 23 Jewels
  • Screwdown crown and caseback
  • LumiBrite hands and markers
  • Titanium case and bracelet with super hard coating
  • Tri-fold push button release clasp with extender
  • Case Diameter 43.5mm
  • Water Resistance: Diver’s Watch 200 meters (660 feet). Meets ISO standards and is suitable for scuba diving.

Comments are closed.