Konfirmasi Pembayaran | Testimonial | Review | Video | Cara Berbelanja | Tips & Trik | Facebook | Instagram | F.A.Q

Home » Tips, Trik & Info » Cara ( cerdas ) meminimalkan resiko kerugian belanja jam tangan secara online

Cara ( cerdas ) meminimalkan resiko kerugian belanja jam tangan secara online




Follow us on :
Instagram
Twitter
Facebook
Google+
YouTube

Tidak bisa dipungkiri jika mindset negatif masih tertanam di sebagian benak sebagian orang mengenai RESIKO berbelanja secara online. Adanya beberapa kasus yang Anda baca atau bahkan Anda alami sendiri kemungkinan mengakibatkan trauma untuk kembali berbelanja online.

Namun sering sekali produk yang ditawarkan secara online sangat sulit untuk kita tolak dengan berbagai alasan misalnya

  1. Produk tersebut tidak tersedia di kota atau daerah Anda untuk di beli secara langsung
  2. Produk tersebut dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika Anda membelinya secara langsung

Dengan dua alasan diatas tentu saja memaksa kita untuk mempertimbangkan membeli produk tersebut secara online ataupun terpaksa mengurungkan niat untuk membeli karena takut dirugikan atau paling sial : tertipu.

Dalam topik kali ini, kami mencoba membahas cara ( cerdas ) meminimalkan resiko kerugian berbelanja jam tangan secara online jika memang pembelian secara COD tidak memungkinkan.

1. CARI TAHU MENGENAI REPUTASI PENJUAL

Dalam berbelanja online, sering sekali kita dihadapkan dengan beberapa penjual yang menjual produk yang sama namun dengan harga yang berbeda. Tips dari kami adalah jangan sekali-kali memilih produk hanya karena memiliki harga yang paling murah. Yang paling penting Anda ketahui adalah reputasi penjual tersebut selama ini. Bacalah testimonial dari pembeli mereka sebelumnya dan kemudian baru memutuskan untuk membeli.

bukti-testi

Bukti kirim resi jne ke pembeli sebelumnya juga bisa Anda “request”, karena dengan resi itu Anda bisa melacak apakah benar ada pengiriman yang dilakukan seller tersebut. Bukti resi JNE tersimpan di server JNE ( www.jne.co.id ), dengan mencantumkan nama penjual dan pembeli.

bukti-jne

2. CARI PENJUAL YANG GAMPANG UNTUK DIHUBUNGI ( KEMBALI )

Sering sekali setelah kita berbelanja dan saat kita membutuhkan support dari penjual produk tersebut, yang terjadi adalah kita lupa cara untuk menghubungi mereka. Tips dari kami adalah bookmark alamat link mereka agar dapat Anda lacak sewaktu-waktu.
Sebisa mungkin cari penjual yang telah memiliki toko online (proffesional ) sendiri. Seller personal / seller online ( tanpa alamat website ) bukanlah hal yang harus kita hindari, namun untuk kepentingan jangka panjang kami sarankan untuk berbelanja di toko online ( bukan seller online ). Umumnya untuk membuat sebuah website online memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga kita memiliki sebuah alasan yang kuat bahwa mereka tidak akan mempertaruhkan reputasi mereka untuk berbuat hal negatif. Karena dengan satu alasan dengan bukti konkrit ( contoh : penipuan ), sebuah website akan dengan mudah untuk dilacak dan kemudian ditutup oleh pihak hosting / kepolisian. Berbeda dengan seller online yang dapat dengan mudah hilang dan kemudian membuat id / nama baru di market place ( forum-forum jual beli ).

3. PASTIKAN MENGGUNAKAN ASURANSI UNTUK PAKET KIRIMAN ANDA

Jika produk jam tangan Anda akan dikirim melalui kurir pengiriman seperti JNE, TIKI, POS dan lain lain, pastikan selalu meminta penjual untuk menambahkan asuransi pada paket kiriman Anda. Hal ini sangat berguna apabila terjadi kehilangan paket yang bisa saja terjadi kepada siapapun, dalam kondisi tanpa asuransi tentunya pihak pembeli dan penjual akan sangat dirugikan. Kehilangan paket kiriman di indowatch.co.id belum pernah terjadi, namun kami selalu memberikan asuransi untuk paket yang hilang, sehingga sebagai pembeli Anda akan terproteksi 100 %.

4. BACA DAN PELAJARI SPESIFIKASI JAM TANGAN YANG INGIN ANDA BELI

Sangat penting bagi Anda yang ingin bertransaksi secara online untuk selalu membaca dan mempelajari spesifikasi dari setiap jam tangan yang ingin Anda beli. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah fitur dari jam tangan tersebut, jangan sampai Anda membeli sebuah jam tangan yang ternyata tidak memiliki fitur yang Anda inginkan. Demikian juga dengan spesifikasi teknik seperti dimensi dan bobot jam tangan tersebut. Jika perlu siapkan penggaris untuk mendapatkan perkiraan bentuk dan dimensi jam tangan yang lebih akurat sebelum bertransaksi.

Comments are closed.